TOOL RISET ONLINE Guru Jualan - GuruJualanCom

Jumat, 10 November 2017

TOOL RISET ONLINE Guru Jualan

Ada yang menanyakan tool riset online apa saya yang saya gunakan dalam melakukan riset online, khususnya riset kata kunci. Biasanya riset online saya lakukan manual menggunakan tool gratisan yang disediakan oleh Google, yaitu :
Google Suggestion (pada Google.co.id atau pun Google.com)
Google Trend
Google Keyword Planner
Konsekwensi menggunakan ketiga tool di atas adalah proses riset dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu, walau pun dari sisi akurasi risetnya lebih baik.

Ada pun bagi para pemula yang bingung, butuh cepat, tidak mau menjalani proses riset online yang detail, maka saya menyarankan tiga tool riset kata kunci yang sifatnya juga gratisan. Tool tersebut antara lain ;
Keyword Shitter
Ubersuggest
Keywordtool.io
Saya coba bahas satu persatu baik dari kelebihan, kekurangan, serta kapan saya menggunakan ketiga tool di atas.

KEYWORD SHITTER

Kelebihan dari tool Keyword Shitter bisa memberikan Anda ratusan bahkan ribuan frasa kunci dari kata / frasa kunci yang Anda masukkan di awal. Namun sebagaimana nama dan logonya yang menggunakan kata Shitter alias pembuang kotoran dan dipertegas dengan logo WC, frasa kunci hasil perolehan tool Keyword Shitter banyak yang tidak nyambung dengan maksud dan tujuan kita. Oleh karena itu, Anda harus pilah-pilah lagi hasil dari frasa kunci yang didapatkan.
Saya pribadi menggunakan Keyword Shitter bukan untuk mengumpulkan frasa kunci, melainkan untuk mendapatkan ide-ide atau pun gambaran "pintu masuk" sebagai bentuk pendekatan frasa kunci apa saja yang akan saya gunakan nantinya. Ini untuk membantu proses pra riset yang pernah saya singgung pada tulisan "Riset Sebelum Riset Kata Kunci". Namun bagi pemula yang bingung bagaimana mendapatkan banyak frasa kunci, Keyword Shitter bisa Anda gunakan. Apalagi cara menggunakannya relatif mudah, tinggal masukkan frasa kunci awalan kemudian ketuk "SHIT KEYWORD".

UBBERSUGGEST

Tool riset frasa kunci Ubbersuggest ini saya amati banyak digunakan untuk para pemula. Dari sisi relevansi, lumayan juga walaupun tetap saja tidak selengkap jika mengumpulkan frasa kunci secara manual. Tetap saja ada yang terlewat bahkan di frasa kunci tertentu kerap error hasil pencariannya.

Tidak seperti tool sebelumnya yang memberikan hasil secara acak, tool Ubbersuggest memiliki pola hasil pencarian. Lebih terstruktur dan rapi menurut saya, walaupun tidak memberikan hasil sebanyak tool Keyword Shitter. Polanya kurang lebih ;
Frasa Kunci + A
Frasa Kunci + B
Frasa Kunci + C dst.

Menggunakan tool ini pun relatif mudah. Sama mudahnya dengan tool Keyword Shitter. Tinggal masukkan frasa kunci sebagai awalan, setting negara / bahasa tujuan, kemudian ketuk "SUGGEST". Anda pun akan mendapatkan banyak hasil pencarian kata kunci. Tinggal dipilah-pilah lagi, mau digunakan untuk apa.
KEYWORD TOOL.IO

Tool ketiga ini adalah yang sering juga saya gunakan dan hasil pencariannya memiliki pola yang tidak jauh berbeda dengan Ubersuggest. Hanya saja, kelebihannnya adalah hasil pencarian frasa kuncinya mengikuti suggestion dari mesin pencari Google. Bahkan bisa disetting untuk Google dari negara mana.

Penggunaannya pun relatif mudah sebagaimana tool sebelumnya. Tinggal masukkan frasa kunci awalan, pilih Google negara mana, pilih bahasa yang mau digunakan, kemudian ketuk logo kaca pembesar atau tekan "ENTER" pada keyboard Anda.

---

Intinya, ketiga tool ini adalah tool pencari kata kunci gratisan yang menurut saya mudah untuk digunakan bagi para pemula. Namun jika ingin hasil yang lebih baik, Anda bisa melakukannya secara manual. Tentu saja tidak asal begitu saja, melainkan ada langkah-langkah tahapannya. Itulah kenapa lantas belajar Riset Online dan Riset Kata Kunci menjadi penting. Agar lebih maksimal lagi hasilnya.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Ibrahim Guru Jualan.Com


Comments


EmoticonEmoticon